10 Istilah Bahasa Arab ini Kerap Diucapkan Umat Muslim. Ketahui Artinya Biar Saling Memahami


Untuk negara yang mempunyai masyarakat muslim paling banyak di dunia, lumrah bila ada istilah-istilah berbahasa Arab yang seringkali kita dengar atau katakan. Arti bahasa Arab ini umumnya ada di sejumlah kesibukan seperti saat bersilaturahmi, menengok orang sakit, atau waktu tiba ke pernikahan baik dengan cara langsung atau melalui pesan singkat.


Memang tidak orang-orang ucapkannya, tetapi agar kamu tidak salah tafsiran, semakin lebih baik bila kamu memahami berarti. Berikut sejumlah arti bahasa Arab yang seringkali disampaikan serta didengar dan berarti.

selamat tiba lewat website.tribunjualbeli.com

Sebetulnya, makna ‘Ahlan wa Sahlan' lebih dari sebatas selamat tiba. Disaksikan dari makna harfiahnya, ahlan datang dari kata ahlun yang bermakna ‘keluarga'. Sesaat, sahlan datang dari kata sahlun yang diartikan untuk ‘mudah'. Jadi, Ahlan wa Sahlan dapat bermakna: kami menerimamu untuk sisi dari keluarga kami dengan gampang (tanpa ada menyulitkan urusan-urusanmu).

Insya Allah lewat muslimobserver.com

Kata ini seringkali dipakai saat seorang diharap lakukan suatu hal atau hadiri satu acara, tetapi masih sangsi serta belum mengetahui jawaban tentunya. Kenyataannya, arti ini malah bermakna 99,9% percaya lo! Jadi, jangan asal-asalan saat memakai kata ini. Juga tagih temanmu yang memberikan pengakuan ini kepadamu.

agar diberkahi lewat pontianak.tribunnews.com

Ada pula yang ucapkan ‘Barakallah Fii Umrik' yang bermakna mudah-mudahan mendapatkan karunia dari Allah dalam umurmu. Kecuali ulang tahun, ‘Barakallah Fikum' ini dapat juga disampaikan saat seorang sedang merasakan hari bahagia di hidupnya.

saat menikah lewat undanganmagelang.com

Kata ini biasa disampaikan seorang saat tiba ke pernikahan saudara atau rekan. Agar tidak hanya ngucapin saja, kan bertambah afdal jika tahu berarti juga~

saat menengok orang sakit lewat www.albaitu.com

Syafakillah dipakai saat yang sedang sakit itu ialah wanita, sedang syafakallah disampaikan ke lelaki.

terima kasih lewat fee.org

Arti syukron ini dapat dipakai kapan juga saat kamu ingin memberikan perkataan terima kasih ke seseorang.

mudah-mudahan dibalas lewat www.ruangmuslimah.co

Kalimat Jazakallah Khairan dipakai untuk bentuk rasa terima kasih seorang Muslim pada sama-sama Muslim yang lain yang sudah lakukan satu kebaikan. Jazakallahu Khairan dipakai untuk lelaki, sedang Jazakillahu Khairan digunakan untuk wanita.

agar bertambah afdol lewat www.muslimfamilia.com

Kata Afwan ini dapat kalian katakan bagus untuk wanita atau lelaki.

pasrah lewat www.learnreligions.com

Ini umumnya disampaikan oleh seorang saat dia tengah berpasrah diri ke semua keputusan Allah.

lengkapi idul fitri lewat publicholidays.co.id

Agar kata Minal Aidzin Wal Faizin yang bermakna ‘Semoga kamu termasuk juga beberapa orang yang kembali lagi (ke jalan Tuhan) serta termasuk juga orang yang menang (menantang nafsu) semakin afdal, kalian dapat memberikan tambahan kalimat ‘Taqabbalallahu Minna wa Minkum' ini di kartu perkataan hari raya Idulfitri.

Arti bahasa Arab yang sudah diuraikan di atas ialah yang seringkali disampaikan di kehidupan setiap hari untuk mengutarakan suatu hal. Tidak harus ingat serta ucapkannya di setiap peluang kok, minimal kamu memahami tujuannya. Hingga saat ada orang yang ucapkan demikian padamu, kamu juga dapat menimpalinya dengan balasan yang tepat.


 

Postingan populer dari blog ini

Kehadiran seseorang yang membangkitkan gairah hidup

Doa Sebelum Tidur dan Keutamaannya bagi Sobat Muslim Semua. Kamu yang Insomnia Juga Ada Doanya